Perbedaan foto kolase dan foto mozaik

Banyak orang yang salah pengertian apa itu foto kolase dan apa itu foto mozaik. Keduanya sama-sama mengkomposisikan banyak foto menjadi 1 gambar yang baru, tetapi berbeda dalam hal tampilan dan cara mengatur komposisi gambarnya.

Kolase, menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan (kain, kertas, kayu) yang ditempelkan pada permukaan gambar (Depdiknas.2001,580).

Dari situ dapat diketahui bahwa kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan bahan yang bermacam-macam selama bahan dasar tersebut dapat dipadukan dengan bahan dasar lain yang akhirnya dapat menyatu menjadi karya yang utuh dan dapat mewakili ungkapan perasaan estetis orang yang membuatnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa bahan apapun yang dapat dirangkum (dikolaborasikan) sehingga menjadi karya senu rupa dua dimensi, dapat digolongkan / dijadikan bahan kolase.

Secara spesifik, kolase foto bisa dikatakan sebagai kolaborasi / gabungan beberapa foto menjadi tampilan baru yang lebih estetis.

Foto kolase dapat diaplikasikan, misalnya untuk album pernikahan, foto2 wisuda, foto ulang tahun, dan lain-lain. Dalam hal ini foto-foto tersebut disusun dan di layout sedemikian rupa sehingga tampilannya lebih menarik.

Mozaik, menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat (Depdiknas 2001,756).

Dari definisi tersebut dapat diuraikan pengertiannya, yaitu pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan material dipotong-potong atau sudah berbentuk potongan kemudian disusun dengan ditempelkan pada bidang datar dengan cara di lem. Kepingan benda-benda itu, antara lain; kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas, potongan daun, potongan kayu. Tetapi untuk sebuah tema gambar menggunakan satu jenis material, misalnya kalau menggunakan kaca maka dalam satu tema gambar tersebut menggunakan pecahan kaca semua, hanya berbeda-beda warnanya baik warna alam maupun warna buatan.

Dalam prakteknya mozaik tidak tebatas pada media yang pemasangannya ditempel-tempel secara manual. Perkembangan teknologi digital memungkinkan mozaik dibuat di komputer dengan teknik yang lebih mudah dan cepat.

Foto mozaik adalah kumpulan foto-foto yang disusun sedemikian rupa yang apabila dilihat secara keseluruhan akan terlihat bentuk baru yang bisa dikenali dan diidentifikasikan. Hasil akhir mozaik foto bisa berupa wajah orang, binatang, benda-benda, dan lain-lain.

This entry was posted in Fotokuunik - article and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.